Jumat, 28 Maret 2014

FUNGI (Jamur) + Soal-soal



Tulisan kali ini saya  akan menjelaskan  mengenai fungi (jamur) + soal-soalnya.. OK CEK THIS OUT!!!http://hanysundara88.blogspot.com/

FUNGI ( JAMUR )
1.Ciri-ciri Fungi 
a. Fungi (jamur ) merupakan organisme yang berifat eukariotik, sel-selnya mempunyai dinding sel yang tersusun dari kitin. Fungi tidak memiliki krolofil sehingga bersifat heterotrof dan hidup secara parasit , saprofit atau  mutual. Misalnya, lumut kerak.
b. Fungi ada yang uniseluler (disebut khamir ) dan multiseluler. Fungi multiseluler tersusun atas benang-benang hifa yang membentuk anyaman, disebut miselium. Hifa pada fungi ada yang bersekat (septum ) tetapi ada juga yang tidak bersekat (aseptum ) dan mempunyai banyak inti yang disebut senositik. Miselium dapat dibedakan menjadi miselium vegetatif ( untuk menyerap makanan ) dan miselium generatif (untuk reproduksi).
c. Reproduksi fungi secara vegetative adalah dengan pembentukan kuncup (pada khamir ), fragmentasi, dan pembentukan spora aseksual (berupa sporangiospora atau konidiospora ). Reproduksi fungi secara generative adalah dengan pembentukan spora seksual ( zigospora , askospora , dan basidiospora ) yang dilakukan secara singami (penyatuan hifa yang berlainan jenis).
d.Habitat fungi adalah di darat (terestial ) dan tempat-tempat lembab.

2.Klasifkasi dan Peran Fungi
Berdasarkan spora aseksual yang dihasilkan, fungi dapat dibedakan menjadi 3 divisi yaitu :
1.       Zygomycota

Menghasilkan spora seksual zigospora dan aseksual sporangispor. Zygomycota memiliki hifa yang tidak bersekat (senositik ). Beberapa contoh nya antara lain Rhizopus oryzae (berperan dalam produksi tempe ), Rhizopus stolonifer (merusak roti ), Rhizopus nigricans (merusak buah ), Mucor javanicus (berperan dalam produksi tapai ),Mucor mucedo, dan Pilobolus (berperan sebagai pengurai ).

2.  Ascomycota

Menghasilkan spora seksual askospora yang dihasilkan oleh askus yang terbentuk dalam tubuh buah yang disebut askokarp, sedangkan spora aseksualnya berupa koonidiospora. Ascomycota memiliki hifa yang bersekat. Beberapa contoh Ascomycota antara lain Saccharomyces cerevisiae (digunakan sebagai pengembang roti  dan pembuatan minuman beralkohol ), Aspergillus wentii (pembuatan kecap ), Penicillium chrysogenum (pembuatan anti biotic ), Saccharomyces ellipsoideus (berperan dalam permbuatan minuman anggur ), Saccharomyces tuac ( berperan dalam pembuatan tuak ), Neurospora sithopila (berperan dalam pembuatan oncom ), Ventura inaequalis (merusak buah apel ), dan Claviceps purpurea (menyebabkan penyakit ergot pada gandum ).

3.Basidiomycota 
Menghasilkan spora seksual basidiospora yang terbentuk dalam tubuh buah yang disebut basidiokrap. Basisiomycota memiliki hifa yang bersekat. Beberapa contoh Basidiomycota antara lain Auricularia polytricha ( jamur kuping ), Valuariella valuacea ( jamur merang ), dan Lentinula edodes ( jamur shiitake ). Ketiganya dapat dimakan. Contoh lainnya, yaitu Ganoderma (jamur kayu) sebagai suplemen , Puccinia graminis ( jamur karat yang menjadi parasit pada tanaman jagung dan gandum), Puccinia arachidis (bersifat parasit pada tanaman kacang tanah),Ustilago maydis (bersifat parasit pada jagung), Amanita ocreata dan Amanita phalloides ( beracun), dan Amanita muscaria (menyebabkan halusinasi bla dimakan).

4.Deuteromycota
Merupakan kelompok fungi ( jamur ) yang belum diketahui spora seksualnya. Apabila spora seksualnya dapat diindetifikasi, maka fungi dalam kelompok ini akan diklarifikasikan kembali. Misalnya, Monilia sitophila (jamur oncom) diubah menjadi Neurospora crassa setelah diketahui menghasilkan askospora pada reproduksi seksualnya.

3.Lumut Kerak dan Mikoriza 
a. Lumut kerak merupakan simbiosis mutualisme antara fungi ( Ascomycota atau Basidiomycota ) dengan monera (Cyanobacteria). Fungi memperoleh nutrisi dari hasil fotosintesis yang dilakukan Cynanobacteria, sedangkan Cyanobacteria memperoleh air dari keberadaan fungi.
b.Mikoriza adalah simbiosis mutualisme antara fungi dengan akar tumbuhan tinggi. Fungi memperoleh materi organic dari tum buhan yang ditumpanginya, sedangkan tumbuhan memperoleh air dan mineral yang diserap oleh fungi.

Soal-Soal!!!
1.       Sifat dibawah ini yang merupakan sifat-sifat fungi adalah…
A.      Tidak berklorofil dan prokariotik
B.      Tidak berkrorofil dan eukariotik
C.      Tidak berklorofil dan autrotrof
D.      Berklorofil dan heterotrof
2.       Didalam hutan  yang lebat, fungi dapat hidup dipermukaan tanah. Hal ini disebabkan karena fungi …
A.      Memerlukan sinar matahari
B.      Hidup ditempat yang lembab
C.      Memerlukan tempat yang sejuk
D.      Tidak memerlukan banyak air
E.       Tidak membuat makanannya sendiri
3.       Salah satu peranan fungi bagi manusia adalah kemampuannya untuk mengubah bahan makanan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi, misalnya menghasilkan oncom dari sisa tahu. Jenis fungi yang dimanfaatkan dalam perbuatan oncom adalah…
A.      Saccharomyces ovale
B.      Aspergillus wentii
C.      Neurospora sitophila
D.      Penicillium requeforti
E.       Rhizopus stolonifer
4.       Saccharomyces adalah fungi bersel datu dari golongan Ascomycota yang berperan dalam pembuatan minuman beralkohol. Saccharomyces mampu mengubah …
A.      Glikogen menjadi alcohol
B.      Ragi menjadi alcohol
C.      Amilum menjadi alcohol
D.      Tepung menjadi alcohol
E.       Glukosa menjadi alcohol
5.       Berikut ini contoh fungi:
1.       Physarium sp,
2.       Rhizopus stolonifer
3.       Saccharomyces cereviasiae
4.       Volvariella valuacea
5.       Auricularia polytricha
fungi yang bereproduksi dengan basidiospora adalah …
A.      4 dan 5
B.      1 dan 2
C.      2 dan 3
D.      2 dan 4
E.       3 dan 5

Sekian dari saya semoga bermanfaat ^.^http://hanysundara88.blogspot.com/,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar