Jumat, 03 April 2015

TUGAS 2 AHDE


1.   Pengertian dan contoh Gadai?
Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seorang berpiutang atas suatu barang bergerak, yang diserahkan kepadanya oleh seorang berhutang atau oleh seorang lain atas namanya dan yang memberikan kekuasaan kepada si piutang itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut secara didahulukan dari pada orang-orang berpiutang lainnya dengan kekecualian biaya untuk melelang barang tersebut dan biaya yang telah dikeluarkan untuk menyelamatkannya setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana yang harus didahulukan.
Contoh:Seseorang yang sedang membutuhkan uang diapun menggadaikan emas yang dia miliki ke penggadaian.

2.   Pengertian dan contoh Hipotik?
Satu hak kebendaan atas benda tidak bergerak untuk mengambil pergantian dari padanya bagi perlunasan suatu perutangan.
Contoh: Kredit-kredit bank dengan jaminan aktiva tak bergerak (gedung,kendaraan,tanah,dll).

3.   Pengertian dan contoh Hak Tanggungan?
Hak tanggungan menurut ketentuan Pasal 1 butir 1 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda Yang Berkaitan Dengan Tanah, adalah :“Hak tanggungan atas tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengantanah, yang selanjutnya disebut hak tanggungan, adalah hak jaminan yang dibebankan pada hak atas tanah sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, berikut atau tidak berikut benda-benda lain yang merupakan satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utangtertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditor tertentu terhadap kreditor- kreditor lainnya.
            Contoh:Pembangunan sebuah kompleks perumahan yang biasanya dananya adalah dana talangan dari pengkreditan bank kepada developer, yang nantinya akan dijual per unit kepada pembeli. Pembeli-pembeli tersebut pastinya ada pembayarannya menempuh cara kredit yang menjadikan rumah tersebut menjadi jaminan hak tanggungan yang sebelumnya telah ada pembebanan hak atas tanah berupa hak milik atas nama developer perumahan tersebut sebelumnya.

4.   Pengertian dan contoh Fidusia?
Surat perjanjian accesor antar debitor dan kreditor yang isinya penyerahan hak milik secara kepercayaan atas benda bergerak milik debitor kepada kreditor.
            Contoh:  Andi meminjam uang  kepada Budi. Sebagai jaminan, Andi menyerahkan BPKB motor nya kepada Budi tetapi motor tersebut tetap dikuasai oleh Andi. Praktik ini termasuk fidusia karena hak kepemilikan motor Andi yang dibuktikan dengan BPKB telah diserahkan kepada Budi sedangkan penguasaan atas barang jaminan (motor) tetap pada Andi.

http://hanysundara88.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar